Arsip Tag: Tasikmalaya

RUJAK BI IYOY- TASIKMALAYA


Rujak Bi Iyoy - Sumber : ariep.multiply.com
Rujak Bi Iyoy - Sumber : ariep.multiply.com

Menu: Rujak Honje, Kolak, Lotek,
Di Bi Iyoy masih di Jalan Kalektoran kita bisa menikmati rujak dengan citara rasaTasikmalaya dan Priangan Timur pada umumnya. Keunikan rujak ala daerah ini adalah pemakaian honje (kecombrang) dalam ulekan bumbunya. Jadi selain cabe, gula, dan asem masih ditambah dengan honje (torch ginger) yang aromatikdan memberikan wangi unik pada bumbu colekan rujak, tambahan irisan pisang batu memberikan body tambahan pada sambel rujak dan rasa sepat yang khas.Bumbunya cakep warna dan teksturnya, terdiri dari bumbu uleg kemudian ditambahi kacang tumbuk semi kasar, paduannya sangat unik. Buah-buahannya seperti rujak pada umumnya, ada mangga, ubi merah, kedondong, bengkuang, nanas, pepaya mengkal dan lain lain, porsinya cukup besar, bahkan yang ½ pun bisa dimakan 3-4 orang. Selain rujak, lotek dan kolak di Bi Iyoy juga juara, jangan kesorean ya kesininya jam 2-3 siang udah habis diborong pelanggan.

Jl. Kalektoran – Tasikmalaya , Buka: 9.00-14.00

Total Kerusakan:
Rujak Honje 20,000, ½ 10,000

Sumber : Arie “ayie” Parikesit (Moderator Jalansutra)

Iklan

NASI TUTUG ONCOM KALEKTORAN BU TINI


Jl.Kalektoran depan gang masuk Bubur Zaenal. Nasi TO, Ikan Asin, Tahu Goreng,
Telor Ceplok, Kue-kue dan gorengan, buka: 06.00-14.00

Nasi Tutug Oncom-Ariep.multyply.com

Di seberang Gang masuknya Buryam Haji Zaenal, ada warung Nasi TO (tutug oncom), makanan khas aseliTasikmalaya. Sering juga disebut Sangu Tutug Oncom yang artinya adalah nasi (sangu) ditutug (dicampur) dengan oncom. Melihat lauk pendampingnya yang macam-macam bikin kalap juga, akhirnya ngambil telor ceplok, ikan asin, tahu, lalapan (timun, leunca) dan dua macam sambelnya, sambel goang (rawit) dan sambel merah terasi. Karena udah makan ½ porsi Buryam jadilah mesan Nasi TOnya juga ½ porsi , soal rasa wah enak banget, oncomnya wangi dan gurih banget , Nasinya juga pulen jadi tidak pake lauk aja sudah enak banget, apalagi dikasih sedikit ikan asin dan sambel yang pedes , nyesel banget Nasi TO yang versi gini tidak tersedia di Jabodetabek dan sekitarnya. Lauk lainnya yang kudu dicoba, ada ayam serundeng, bala-bala (bakwan) dan tempe goreng tepung, combronya juga mantap oncom dan bumbunya. Habis makan Nasi TO yang pedes bikin mulut kebakaran, tapi tenang aja banyak kok pemadamnya, ada Pisgor, Bola-bola Ubi, Nanas dan Nangka Goreng (ditaruh di kulit lumpia trus digulung) dan agar-agar santan gula jawa yang ditaruh di gelas-gelas kecil, kebetulan yang terakhir ini snack jadul favorit saya, jadilah nyoba 1 buat dessert (jarang-jarang kan breakfast ada dessertnya), untuk Nasi TOnya seporsi cuman 3,500 dan ½ 2,500, murah dan top rasanya, the real honest food. (harga beberapa taun lalu yah hehe)

Sumber : Arie ”ayie” Parikesit (Moderator Jalansutra)

Perjalanan Gunung Galunggung – Tasikmalaya & Cipanas Garut


Start Persiapan di SPBU Bilangan Bekasi Timur

Di awal tahun 2010, persis tanggal 1 Januari 2010 angkanya keren juga tuh 01012010, setelah melakukan perencanaan kilat ala tentara Jerman menyerbu Polandia, dibuatlah perjalanan menuju Gunung Galunggung Tasikmalaya, Gunung yang di tahun 80 an sempat menghebohkan karena letusannya yang begitu dahsyat memuntahkan semua isinya.

Berkumpul di SPBU di bilangan Bekasi Timur, tepat jam 8.30 dengan menggunakan 4 motor perjalanan menuju ke Gunung galunggung dimulai. Lanjutkan membaca Perjalanan Gunung Galunggung – Tasikmalaya & Cipanas Garut