Arsip Tag: Daging

Selat Solo, emang ada selat di Solo…?


Selat Solo (gbr.ncc.blogsome.com)
Selat Solo (gbr.ncc.blogsome.com)

Judul diatas itu yang menjadi pertanyaan buat saya, kalo diliat dipeta, solo aja terletak agak ditengah Pulau Jawa, sehingga secara geografi gak ada tuh yang namanya selat Solo (Halah…….). nah rupanya setelah cari sana cari sini… rupanya memang ada yang namanya selat solo, tapi bukan berupa laut sempit yang memisahkan dua pulau (koreksi saya jika salah mengenai pengertian selat) tapi berupa makanan khas kota solo, selat itu merupakan plesetan dari Kata “Salad”, jadi ya sudah  Selat Solo itu berarti Salad Solo, tapi selat solo ini bukan hanya berisi sayuran tapi berpadu apik dengan daging yang namanya daging steak, dipadu  dengan kentang goreng, wortel rebus, buncis rebus, acar timun, dan ditaburi keripik kentang yang manis, lalu disiram dengan kuah semur, nah ini bedanya, kalo steak barat dipadu dengan saus, kalo di solo pakenya kuah semur, coba disiram pake kuah semur jengkol ala betawi dijamin maknyus banget tuh he he he. Lanjutkan membaca Selat Solo, emang ada selat di Solo…?

Medoknya Soto Betawi di rumah makan Betawi “Dahlia”


Suasana di RM Betawi Dahlia
Suasana di RM Betawi Dahlia

Bertambah lagi perbendaharaan saya untuk menikmati soto betawi di seputaran Jakarta, kelezatan soto Betawi ini sudah kesohor dan bisa bersanding dengan soto-soto dari daerah lain, rasanya yang khas dan kuahnya yang “mlekoh” begitu mengundang selera. Dari yang mulai bersantan encer sampai dengan yang bersantan tebal tersedia, ragamnya pun cukup banyak. tapi tetep daging dan jeroan yang yang digunakan sebagai bahan baku utama soto betawi ini. bahkan dari sambelnya aja sudah berbeda dari satu dengan yang lainnya. seperti Soto Betawi bang Madun yang menggunakan sambel kacang sebagai pelengkapnya. Lanjutkan membaca Medoknya Soto Betawi di rumah makan Betawi “Dahlia”