Arsip Kategori: Icip-icip Kuliner

Review tempat makan yang patut untuk dicoba dan ragam makanan

Soto Krandegan – Banjarnegara


image
Soto Krandegan

Perkenalan saya dengan soto ini ketika saya bermaksud akan berkunjung ke sanak saudara yang tinggal di daerah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara, itu pun saya mendapat informasi tentang soto ini dari teman SMP saya yang kebetulan sedang liburan di Banjarnegara. kata teman saya Soto Krandegan ini top markotop bin endang gulindang enyes..enyes. (yang gak ngerti artinya abaikan saja artinya pokoknya enak dah. saya sempatkan googling mengenai soto krandegan ini, dan sudah banyak review mengenai tempat ini termasuk dari teman SMP saya, yah nambah portfolio makanan khas Indonesia yang saya cicipi. makanya mumpung sekalian pulang kampung kota dingin karangkobar mampir sebentar di kota Banjarnegara.

Lanjutkan membaca Soto Krandegan – Banjarnegara

Iklan

Sop Kambing Jl. Prof Jokosoetono Kebayoran baru


Sop Kambing
Sop Kambing

Tempatnya kecil dipinggiran jalan prof Jokosoetono kebayoran baru, beratapkan terpal biru ciri khas warung tenda pinggir jalan.  namun ini menjadi tempat favorit saya ketika makan siang dan kangen mencicipi sop kambing. memang diperlukan perjuangan menuju tempat ini dari kantor saya, karena mesti berjalan kaki kurang lebih sekitar  15 menitan. jadi sampai disana sudah cukup berkeringat dan semakin lapar he he he. apa karena lapar yang sangat menyebabkan sop kambing ini menjadi enak…? mmh…. bukan deng.. karena sop kambing di warung ini memang cukup layak untuk dinikmati, kelebihan dari sop kambing disini adalah selain lezat, dagingnya empuk, juga disajikan potongan tulang yang masih ada sumsumnya, rasanya gurih banget, yang penting lupakan efek samping dari menyedot sumsumnya yah he he he. soal harga masih cukup terjangkau apalagi setelah tanggal 25 alias setelah gajian.

Sop iga Sapi Bambu kuning


RM Bambu Kuning
RM Bambu Kuning

Setelah cukup lama puasa postingan tentang tempat makan yang enak akhirnya coba untuk review sebuah rumah makan yang terletak di bilangan bambu apus. rumah makan biasa, tapi spesialisasinya adalah Sop Iga sapi. oh ya lokasinya sangat strategis karena tepat dipinggir jalan raya bambu apus, bersisian dengan tol JORR jatiasih -Pondok Indah, kalo anda dari arah Tol Jatiasih  tinggal keluar di Pintu Keluar Bambu Apus, kira2 100 meter dari pintu tol anda sudah bisa melihat rumah makan ini, adanya disebelah kiri yak, ingat disebelah kiri bukan disebelah kanan :-). rumah makannya tepat ada di pinggir jalan, anda tinggal parkir mobil atau motor anda. jangan takut ada tukang parkir yang stand by siap membantu anda. masuk ke rumah makan deretan kursi dan meja tampak sudah ada yang mengisi, datang berkeluarga maupun datang dengan kekasih tercinta untuk menikmati semangkuk sop iga rasa cinta…… lebay dikit. Lanjutkan membaca Sop iga Sapi Bambu kuning

Gulai kepala ikan kakap di warung padang Jalan Mataram Kebayoran baru


Gulai kepala Ikan Kakap
Gulai kepala Ikan Kakap

Tempatnya kecil hanya berupa warung tenda di pinggir jalan, dengan meja panjang dan tempat duduk plastik. Saya mengenal tempat ini ketika masih bekerja di perusahaan konstruksi yang sedang mengerjakan pembangunan sekolah internasional di jalan Pattimura Jakarta, sekitar tahun 2002. Yup warung tenda merupakan warung nasi padang yang bertempat di jalan mataram Kebayoran baru, dulu ada di POM bensin sekarang sudah POM bensin ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah taman yang rindang. Yang terkenal dari warung nasi padang ini adalah gulai kepala ikannyaterbukti dari banyaknya pengunjung yang memesan menu ini, dari mulai supir taksi sampai yang bermobil mewah, gak tau pemiliknya atau supirnya he he he, tapi bisa dibedakan koq dari penampilannya :-p. Lanjutkan membaca Gulai kepala ikan kakap di warung padang Jalan Mataram Kebayoran baru

Kenapa makanan bersantan menjadi lebih enak disantap setelah diangetin…??


Sayur Lodeh
sayur Lodeh

Beginilah nasib negara `berkembang’ kek Indonesia. Sebenernya, disebut negara `berkembang’ hari gini keren juga. Bayangkan, Indonesia diprediksi Bank Dunia bakal jadi negara dengan perkembangan tertinggi di dunia setelah China tahun ini! Bahkan, negara-negara keren kek Amerika dan Eropa malah kembang kempis karena kurang berkembang. Tapi, sayangnya Mbah Google bukanlah dukun yang adil. Kalo ditanya soal bahan makanan yang umum di Barat, seperti susu, keju, pasti beliau lancar komat-kamit. Tapi, giliran ditanya makanan `negara berkembang’ seperti tempe, santan, tahu pong, yang ada cuma banyak asep menyan ngepul, jam muter, dan sedikit mantra. Sisanya, blank! Jadi, lebih gampang nulis soal sejarah sushi daripada santan. Nasib surasib! Jadi, inilah cerita ala kadarnya hasil dari nyambung-nyambungin data yang ada dengan logika kimia seperti biasa. Lanjutkan membaca Kenapa makanan bersantan menjadi lebih enak disantap setelah diangetin…??

Bebek Goreng Plok Pyar Halim


Bebek Goren Plok Pyar - Gbr dari http://beha38b.multiply.com
Bebek Goren Plok Pyar – Gbr dari http://beha38b.multiply.com

Kalo membicarakan bebek emang gak matinya, dagingnya yang terkenal alot dan bau amis membuat daging bebek kurang menarik, namun beberapa tahun belakangan ini daging bebek begitu booming di seantero Jakarta. Nah salah satu tempat makan bebek goreng yang dekat rumah saya adalah bebek plok pyar, berlokasi di samping toko material di jalan Raya Komodor Halim perdanakusuma yah kalo mau patokan pasnya adalah samping TPU Halim yang berada di dua sisi jalan dulu lokasinya masih di jalan raya squadron, namun sekarang berpindah ke tempat yang lebih luas sedikit dibanding yang lama.

Daging bebek goreng di plok pyar ini begitu empuk bahkan nyaris tanpa perlawanan ketika menikmatinya, dengan tulang-tulang yang garing ketika digigit. Dagingnya gurih tapi menurut saya sedikit asin tapi bukan asin yang berlebih, mungkin karena efek gurih tadi kali yah sehingga berasa asin, nah sambelnya pun bukan sambel korek yang biasanya menemani bebek goreng, melainkan sambel penyet yang gak kalah enaknya dengan sambel korek, sambelnya pedes nampol dah, tapi pedesnya bikin gak berhenti nyocol itu sambel….. sambelnya bikin ketagihan.. nyocol sambelnya baru berhenti ketika bebek gorengnya udah ludes..des..des..

 

Salam
AX

SOP KEPALA IKAN KERAPU


Sop Ikan
Sop Ikan

Makan siang kali ini cukup berkesan buat saya, dimana saya diajak ke Food Court di Blok M Square, untuk makan siang dengan menu Sop Ikan Kepala Ikan Kerapu. didalam bayangan saya adalah kuah bersantan berwarna kuning menggoda yang tentunya gagrak Makassar. dengan kendaraan shuttle dari gedung tempat saya bekerja yang memang berlokasi tidak jauh dari Blok M Square, saya dan teman-teman mulai meluncur ke sana. Food court yang terletak di basement Blok M Square ini banyak menampung pedagang makanan dengan cirri khas tertentu, ada masakan padang, ada soto betawi bahkan ala prasmanan pun tersedia.

Bertempat di Pojokan Food court saya pun tiba, ternyata warung makan masakanan menado saudara-saudara, weh ajib kayaknya nih. tapi bayangan saya tetap masih sama karena menado dan Makassar masih satu pulau, tapi ternyata bayangan itu sirna tatkala Sop Kepala Ikan Kerapu ini terhidang di hadapan saya. Dalam mangkuk tampak kuah bening dengan irisan besar daun bawang dan daun kemangi, tampak Kepala Ikan kerapu menyembul diantara daun bawang dan kemangiyang berserakan, menggoda bak gadis cantik. Aroma khas daun kemangi tercium kuat, ketika dirasa kuah hangat dan rasanya begitu membuai, ada rasa gurih tapi tidak terjejak rasa MSG dan asam dengan tone yang rendah, masih banyak terjejak daging di kepala ikan kerapunya, lembut dan sangat mudah untuk dilepas, belum lagi sambal dabu-dabunya yang begitu kuat pedasnya. tidak terasa keringat bercucuran karena begitu nikmatnya Sop Kepala Ikan ini. total kerusakan untuk 1 porsi ini 25 K, sayang saya tidak sempat mengambil gambarnya dan mencatat nama rumah makannya, tapi lokasinya sudah cukup tertanam kuat dalam otak saya.

Salam

AX

Sambal Ganja buat anda Ketagihan……


Sambal Ganja RM Seulawah

Nah mengenai sambel yang ini saya jamin pasti membayangkannya yang macem-macem deh, he he he. tapi emang bener sih namanya sambel ganja, karena ketika mencicipinya dijamin pasti akan ketagihan, tapi jangan salah sangka dulu tidak ada sama sekali Ganja di dalamnya. Malah ketika pertama kali melihatnya seperti rujak bebeg. Karena bagi yang saya yang namanya sambel itu berwarna merah menyala atau hijau, karena efek dari warna cabe merah atau cabe hijau. Sambel ganja ini tampilannya beda banget warnanya dominan hijau dan putih. Walaupun tampilannya tidak menyala macam sambel terasi dan teman-temannya, tapi dijamin sambel ini akan membuat anda merem melek dan ketagihan.

Sambel yang terbuat dari udang rebus diaduk dengan bawang merah, cabe hijau dan belimbing sayur ini mempunyai 3 rasa yang berpadu macam permen nano-nano he he he he. ada rasa gurih lalu rasa asam dari belimbing sayur dan pedas dari cabai hijau bercampur jadi satu kebayangkan bagaimana rasanya, apalagi ketika menikmatinya ditemani dengan nasi hangat dengan uap yang masih mengepul, dijamin anda pasti ketagihan.

Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati sambel ini karena, di RM Seulawah Bendungan Hilir sambel ganja siap sedia untuk anda nikmati

Salam

AX

Ayam Tangkap RM Seulawah


Ayam Tangkap RM Seulawah

Salah satu masakan khas aceh ini memang dari sononya bernama Ayam tangkap, jadi gak usah bingung mengenai istilah ayam tangkap ini, saya pun tidak terlalu mencari terlampau jauh mengenai istilah ayam tangkap ini, yang jelas masakan ini merupakan “asli” masakan aceh. Dari beberapa kali tayangan di tipi masakan ini begitu menggoda, karena yang tampilannya yang khas dominan berwarna hijau dan kecoklatan. Hijau karena begitu banyaknya daun kari menutup potongan kecil-kecil ayam goreng. Nah berawal dari tayangan di tipi ntu saya mulai mencari tempat untuk menikmati ayam tangkap ini. nah dari hasil search di mbah gugel, salah satu Rumah makan di bilangan Bendungan Hilir yang terkenal karena mie acehnya ini juga menyediakan masakan Ayam tangkap yup tepatnya RM Seulawah. sekali merengkuh dayung dua pulau terlampaui ini mungkin istilah yang tepat, karena disamping saya bisa menikmati mie acehnya saya juga bisa menikmati Ayam tangkapnya. Lanjutkan membaca Ayam Tangkap RM Seulawah

Mie Goreng RM Aceh “Seulawah” Bendungan Hilir


Mie Goreng Aceh RM seulawah
Mie Goreng Aceh RM seulawah

Sebenarnya sudah lama saya ingin mengunjungi rumah makan ini, konon kabarnya menyediakan Mie Aceh dan Masakan Khas Aceh yang lezat bahkan soal rasa tidak beda jika kita mencicipi ditempat asalnya bumi tanah rencong, hasrat saya makin kuat manakala saya bertemu dengan empunya Rumah makan ini disebuah acara launching portal. Akhirnya disuatu kesempatan saya bisa mengunjungi dan menikmati mie aceh di Rumah makan ini. ketika saya tiba di rumah makan ini, terik matahari tepat berada di ubun-ubun kepala, ketika masuk ke dalam kita akan mendapati ruangan ala  Rumah makan padang. Dengan display menu yang tertata apik di sudut rumah makan. Saya yang datang dengan rombongan berjumlah 6 orang mengambil tempat duduk tepat di pojok rumah makan. Sebenarnya saya cukup banyak memesan menu makan, antara lain Ayam tangkap, Sambel  ganja, Bebek goreng  yang aslinya bebek gulai tapi oleh teman saya diminta digoreng saja. Disini saya hanya menulis menu favorit saya yaitu Mie gorengnya, karena menu ini yang dari awal pengen saya cicipi, menu lain akan saya tulis terpisah. Lanjutkan membaca Mie Goreng RM Aceh “Seulawah” Bendungan Hilir