Selat Solo, emang ada selat di Solo…?


Selat Solo (gbr.ncc.blogsome.com)

Selat Solo (gbr.ncc.blogsome.com)

Judul diatas itu yang menjadi pertanyaan buat saya, kalo diliat dipeta, solo aja terletak agak ditengah Pulau Jawa, sehingga secara geografi gak ada tuh yang namanya selat Solo (Halah…….). nah rupanya setelah cari sana cari sini… rupanya memang ada yang namanya selat solo, tapi bukan berupa laut sempit yang memisahkan dua pulau (koreksi saya jika salah mengenai pengertian selat) tapi berupa makanan khas kota solo, selat itu merupakan plesetan dari Kata “Salad”, jadi ya sudah  Selat Solo itu berarti Salad Solo, tapi selat solo ini bukan hanya berisi sayuran tapi berpadu apik dengan daging yang namanya daging steak, dipadu  dengan kentang goreng, wortel rebus, buncis rebus, acar timun, dan ditaburi keripik kentang yang manis, lalu disiram dengan kuah semur, nah ini bedanya, kalo steak barat dipadu dengan saus, kalo di solo pakenya kuah semur, coba disiram pake kuah semur jengkol ala betawi dijamin maknyus banget tuh he he he.

Nah seperti halnya mpek-mpek belijong, saya mencicipi selat solo ini di sebuah acara launching portal website. Disaat istirahat makan siang, disajikan menu selat Solo yang sudah siapkan porsinya masing-masing, saya pun mengambil sepiring selat solo, di piringnya ada wortel rebus, buncis pokoknya kayak kita makan steak orang bule dah, nah cuman bedanya di daging steaknya nih, kayaknya dagingnya terlebih dahulu dibumbui baru dimasak, sehingga ketika digigit ada rasa manis dan gurih versi aslinya, daging yang digunakan adalah daging gandik sapi, yaitu paha belakang yang tidak ada lemaknya. Beda dengan steak ala bule  yang menggunakan banyak type daging sapi, apa tuh namanya tenderloin, sirloin dan lain-lain (awam euy soal daging sapi). kuah semurnya ringan dan tidak terlalu kental, tapi tetep dominan manis, keripik kentangnya tipis, manis dan renyah.

Salam
AX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s