Mpek-Mpek Belijong


Mpek-Mpek Belijong (Gbr. www.lidiatanod.multiply.com)

Mpek-Mpek Belijong (Gbr. http://www.lidiatanod.multiply.com)

Saya sempat bingung ketika ada menu mpek-mpek belijong dalam daftar menu makan siang pada saat saya menghadiri launching sebuah portal tentang budaya dan wisata Indonesia, asumsi saya mpek-mpek ntu adalah makanan khas daerah Palembang, nah mpek-mpek belijong ini berasal dari daerah sumatera juga sih, tepatnya daerah penghasil timah terbesar  di Indonesia ketika masa jayanya, yaitu Pulau Bangka. Nah ketika saya searching di mbah google nyangkutlah saya di sebuah blog pentolan Milis Jalansutra http://www.lidiatanod.multiply.com disitu saya baru ngeh mengenai arti dari mpek-mpek belijong. Belijong itu sendiri berarti Belinyu, nama sebuah kota kecil yang terletak di bagian utara pulau Bangka. Sebuah kota kecil tapi mempunyai makanan dengan ciri khas tersendiri.

Nah yang unik dari mpek-mpek belijong ini adalah tampilannya yang bulat panjang, model mpek-mpek lenjeran ala Palembang. Nah kalo mpek-mpek lenjeran berwarna putih karena berbahan dasar ikan, mpek mpek belijong pun ada yang berwarna putih tapi ada yang berwarna seperti warna merahnya udang ketika matang. Rupanya mpek-mpek ini menggunakan udang sebagai bahan dasarnya sehingga warnanya seperti undang. Dari segi varian mpek-mpek belijong hanya punya dua seperti yang saya sebutkan tadi dan modelnya pun sama bulat panjang, berbeda dengan mpek-mpek palembang yang punya banyak varian.

Yang unik lagi di mpek-mpek belijong ini kita tidak akan menemukan cuka untuk menikmati mpek-mpeknya, tapi penyajiannya ditemani dengan sambel, nah sambelnya sendiri ada jenis yaitu sambel yang berbahan dasar terasi dan tauco. Nah salahnya saya, saya mencampurkan kedua sambel tersebut ke dalam mpek-mpeknya, nah makanya rasanya menjadi gado-gado, ada rasa asemnya tauco, ada sedikit manis tapi pedasnya pun gak kalah dominannya.. oh ya sampai lupa… di mpek-mpek ikannya, rasa ikannya begitu kuat menandakan ikannya lebih dominan, ada sedikit rasa gurih, begitu juga dengan yang udang, rasa khas udang begitu kental di mpek-mpeknya, karena berwarna menjadi lebih menarik dibanding mpek-mpek ikannya…

Nah karena saya mencicipinya gratis, saya tidak bisa menyebutkan harganya tapi bila anda berminat silahkan anda mengunjungi tempatnya yang berlokasi di Ruko Sunter Metro, Jl. Danau Sunter Utara Blok A1 No. 2 – Jakarta Utara

Salam
AX

Tinggalkan Balasan

