Soto Betawi Haji Husein – Manggarai


Warung Soto Betawi H. Husein

Warung Soto Betawi H. Husein

Lagi-lagi kita bicara tentang soto Betawi, Soto ini memang sangat menggoda selera darimana pun asal anda pasti menyukai soto Betawi, kuahnya yang medok, gurih ditambah dengan daging yang empuk sangat menggugah selera. Kali ini soto yang saya cicipin adalah soto Betawi Haji Husen, soto ini sudah cukup terkenal dikalangan pencinta soto Betawi, bahkan sudah ada yang menjadi langganan tetap warung soto Haji Husen. Berlokasi di Bilangan Manggarai tepatnya di Jalan Padang Panjang, jalan ini merupakan jalan penghubung antara Jalan Minangkabau Timur dan Jalan Dr. Saharjo.

Daging Buat Sotonya

Daging Buat Sotonya

Keinginan saya untuk mencicipi soto ini sudah cukup lama terpendam, bahkan setahun terakhir saya sering melewati warung pak haji ini, namun karena lewatnya sudah malam warung soto pak haji ini sudah ditutup, sehingga saya hanya bisa memandang dengan Pandangan ”lapar” ke arah warung soto pak haji (lebay.com). tapi Allah memang maha Adil di sabtu pagi saya mengantarkan istri yang masuk kerja karena ada Overtime di kantornya… (tumben banget). Setelah selesai mengantar istri ke kantor di bilangan jalan Thamrin, saya pun dengan senyum sumringah membelokkan arah motor saya menuju ke arah Pasar Rumput dan tepat di lampu merah Pasaraya Manggarai saya pun berbelok ke kanan menuju jalan Minangkabau menuju ke warung soto Pak haji. ”Ahaaaaa” rupanya sekitar Jam 07.45 warung soto Pak haji ini buka, bahkan tampak sudah ada yang datang menyambangi warung soto ini, gileee bener.. pagi-pagi aja udah ada yang datang gimana kalo siang hari tepat jam makan siang, bisa kagak kebagian tempat duduk.

Soto Betawi

Soto Betawi

Saya pun mengambil tempat duduk tepat di depan abang-abang yang sedang meracik pesanan saya, Soto Betawi Campur. di display tampak daging yang berwarna kecoklatan, belum lagi jeroan yang dipajang dengan manis menggoda selera, tidak lama pesanan saya pun datang, Soto betawi Campur, ada daging & jeroan, kuahnya tampak cantik berwarna kecoklatan dengan irisan daun bawang dan emping diatasnya, saya pun mulai mengaduk agar daun bawang dan emping bercampur sehingga kuah soto akan bertambah kaya rasa.. ups tak lupa saya campur dengan perasan jeruk limau, mantap kayaknya nih, ritual untuk menyruput kuah adalah wajib.. kuahnya lembut tidak gahar, gurih yang tidak berlebih, saya menduga pak Haji menggunakan susu sebagai pengganti santan, dagingnya berwarna kecoklatan, sedikit agak garing, kayaknya setelah direbus daging ini dibumbui dan digoreng sehingga ada rasa gurih dan ”krispy” saat di gigit, jeroannya empuk dan tidak perlu perjuangan untuk mengunyahnya. Tidak sampai setengah jam soto betawi dan nasi ludes tidak bersisa, bahkah mangkok sotonya tidak saya sisa kan sedikit jejeak kuahnya…….. tandas bin ludes saking enaknya soto ini.

Menggugah Selera

Menggugah Selera

Soto betawi Haji Husen bisa menjadi salah satu pilihan dari sekian beragam soto Betawi, saya tidak mengatakan soto Haji Husen ini paling enak di antara yang lainnya ini tergantung selera dan kecerdasan lidah anda, serta yang paling penting adalah suasana hati ketika mencicipinya…….

Salam

Alex Setia

*Total Kerusakan 1 Porsi Soto Betawi campur, 1 Porsi Nasi putih dan teh hangat adalah sebesar Rp. 19000,-

Tinggalkan Balasan

