Jalan-jalan menggunakan Busway (masih belum Nyaman)


Iseng-iseng sabtu pagi ingin menggunakan moda transportasi Busway/Transjakarta koridor 9 Pinang Ranti – Pluit, yang belum lama di operasikan. Dari rumah menggunakan motor berangkat menuju ke terminal Pinang Ranti, nitip motor dirumah saudara yang kebetulan berdekatan dengan Terminal Pinang Ranti, hanya berjarak 300 meter saja J, dengan berjalan kaki saya menuju ke Halte Busway. Sampai di loket penjualan saya pun langsung membeli tiket busway yang berharga Rp. 3.500, lembaran tiket yang berupa kertas, berbeda dengan koridor 1 Blok M – Kota yang menggunakan kartu yang tinggal di cemplungkan ke suatu alat untuk masuk ke dalam ruang tunggu busway, sayang sekali system yang di koridor 1 sudah bagus, harus kembali lagi menggunakan tiket kertas .

Tiket Busway

Tiket Busway

Ruang tunggu busway di Halte Pinang Ranti ini cukup luas, dengan beberapa bangku panjang dan beberapa pintu untuk keluar masuk penumpangnya, tempatnya bersih dan keliatan cukup terawat, memasuki bus, hawa sejuk dari AC bus begitu dingin menerpa kulit. Mengambil tempat duduk dekat sopir, sambil memperhatikan sopirnya. Petunjuk rute terpampang di atap bus, sehingga kita bisa membaca dengan jelas halte-halte mana saja yang akan disinggahi, sempat ngetem sebentar menunggu penumpang yang lain karena bus masih kosong, kendaraan pun mulai bergerak perlahan, speaker di bus mulai berbunyi untuk memberitahukan kepada penumpang halte berikutnya yang akan disinggahi. Saya sempat melirik ke arah sopir busway, oalah sangat disayangkan, si sopir tidak menggunakan seat belt dengan baik dan benar, ini semestinya menjadi perhatian bagi pengelola Busway, agar memperhatikan unsure safetynya, karena sudah jelas di UU lalu lintas tentang penggunaan seat belt.

 

Halte Busway Pinang Ranti

Halte Busway Pinang Ranti

 

 

 

 

 

Didalam Busway

Didalam Busway

Supir Busway Tidak Menggunakan Seat Belt

Supir Busway Tidak Menggunakan Seat Belt

Halte demi halte dilewati sampai tiba di Halte Depan Polda Metro Jaya/Semanggi, disini saya turun karena akan melanjutkan perjalanan menuju ke arah Bank Indonesia, ternyata dari halte Semanggi ini menuju Halte Bendungan Hilir kita harus melewati jembatan yang cukup panjang dan berliku sampai dengan Halte Bendungan Hilir….. wedeh lumayan gerah juga euy. Di Halte Bendungan Hilir ini, tersedia sebuah Mesin Box otomatis untuk membeli minuman kayaknya produk Coca cola semua nih, namun sayang mesinnya tidak berfungsi….. weleh mana udah haus lagi. Terpaksa ditahan, antri sebentar hingga busway tujuan Kota pun datang, saya pun menaiki bus menuju ke Halte Bank Indonesia, namun ketika tiba di halte tersebut, sengaja saya melewati halte tersebut, hingga saya turun di Halte Monas di depan Kantor  kementerian Pariwisata. Disana saya langsung kembali berpindah menuju ke Blok M… untuk mencicipi seporsi Mie Aceh Bang Jali di basement Blok Mall.

 

Jalur Busway Koridor 1 Blok M - Kota

Jalur Busway Koridor 1 Blok M - Kota

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai menikmati kelezatan mie aceh bang Jali, saya pun kembali bergegas menuju ke Halte Busway Blok M, rupanya halte busway di Blok M ini Penuh banget, hawa panas pun menyeruak di ruang yang sempit namun padat ini, saya melihat di pojokan seorang gadis tampak terkulai lemas, karena tidak tahan dengan hawa panas. Beberapa petugas busway pun membawa wanita tersebut ke ruangan yang pengelola agar mendapatkan perawatan sehingga bisa siuman kembali. Beruntung flow di Halte Blok M ini berlangsung lancar, walaupun terjadi penumpukan penumpang, penumpang masih bisa terangkut tanpa menunggu waktu yang lama. Sampai di Halte Dukuh atas saya bermaksud pindah koridor menuju ke koridor dukuh atas – Ragunan, saya pun kembali menaiki jembatan yang cukup panjang menuju halte busway dukuh atas 2, baru sampe di haltenya, sebuah pemandangan yang membuat jidat berkerut, ketika melihat kepadatan di halte ini, terutama di Pintu menuju Ragunan, alamak………..!!!. saya liat busnya gak ada satu pun, masih menunggu, yang ada hanya bus jurusan Pulogadung, alhasil saya balik kanan kembali ke rute awal saya berangkat, kembali menuju halte Bendungan Hilir, “ ya ampun… pegel lagi dah……..!!!”. sampai di halte Plaza semanggi sudah penuh penumpang, 1 busway gandeng lewat penuh dengan penumpang, saya pun melewatkan menunggu bus yang berikutnya, yang menuju ke Pinang Ranti, karena bus gandeng hanya sampai cililitan/PGC saja. Namun busway yang saya tunggu tak kunjung datang, akhirnya saya memutuskan untuk naik saja bus gandeng menuju PGC, namun nanti saya berhenti di Halte BNN untuk menunggu Bus yang menuju ke Pinang Ranti dengan harapan di Halte BNN tidak padat seperti di Semanggi. Namun harapan tinggal harapan, ternyata saudara-saudara di Halte BNN ini lebih padat dibanding di Semanggi, jiah akhirnya saya ikut terus sampe ke PGC, dari PGC saya akhirnya naik angkot menuju ke Pinang Ranti untuk mengambil motor saya.

Halte Blok M padat Merayap

Halte Blok M padat Merayap

Halte Dukuh Atas -Transit Menuju Koridor Dukuh Atas - Ragunan

Halte Dukuh Atas -Transit Menuju Koridor Dukuh Atas - Ragunan

Catatan :

1. Dengan dihapusnya trayek bus yang bersinggungan dengan Koridor 9 Pinang Ranti – Pluit, penumpang tidak ada alternative lain selain busway, namun hal ini tidak diantisipasi oleh pengelola busway untuk menyiapkan armada busway yang lebih banyak lagi.

2. Halte sepanjang di jalur utama, UKI, Plaza Semanggi terutama halte untuk transit, kurang luas tidak sebanding dengan jumlah penumpang, sehingga sangat penuh dan panas

3. Masih menggunakan ticket kertas, padahal di awal pengoperasian Busway di Koridor 1 sudah menggunakan tiket plastic yang dimasukkan kedalam mesin untuk membuka pintu menuju ke Halte, ini terjadi penurunan kualitas pelayanan.

4.          Untuk jam-jam sibuk. Perlu ditambah lagi armadanya, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang di halte-halte

Penumpang Padat Tetapi Armada Cuma sedikit yang melayani (tepok Jidat)

Penumpang Padat Tetapi Armada Cuma sedikit yang melayani (tepok Jidat)

Salam

Alex

One thought on “Jalan-jalan menggunakan Busway (masih belum Nyaman)

  1. I am no longer certain where you are getting your information, however good topic.
    I must spend a while learning much more or understanding more.
    Thanks for magnificent information I was searching for this information for
    my mission.

Tinggalkan Balasan

