Jajal Sirkuit Sentul… Pertama kalinya….!!!


Lay Out Trek Sirkuit Sentul

Lay Out Trek Sirkuit Sentul

Ketika sedang asyik kerja, SMS masuk dari Bodats, seorang blogger otomotif, “jadi ikutan test ride Bajaj Pulsar 220 gak disentul..?“ beberapa baris text sms di layar HP ketika saya membuka SMS tersebut. Kontan Cuma 2 huruf saja saya membalasnya “OK”. Selesai membalas saya pun langsung menelepon yang bersangkutan saja, dan bodats pun langsung memberikan detailnya dan rupanya nama saya juga sudah dicantumkan dalam list pesertanya…. Mantap Blogger kuliner jajal Sirkuit Sentul, kayak apa rasanya he he he J.

Jam 08.00 saya sudah tiba di Pelataran parkir Gedung Menara Imperium di bilangan Kuningan. Dengan bus yang sudah disiapkan Panitia akhirnya saya meluncur ke Sirkuit Sentul, Bogor. Jam 09.30 saya sudah tiba di pit yang sudah disiapkan Panitia. Dari Pintu Gerbang Sirkuit Sentul terhampar gunung Hambalang yang sudah mulai kehabisan sisa-sisa hijau pepohonan. Di beberapa sudut area luar sirkuit tampak renovasi kecil dan perbaikan serta penambahan fasilitas di sirkuit sentul ini. ketika memasuki Parkiran area Paddock tampak beberapa garasi paddock yang tampak kusam dan tidak begitu terawat.

Persiapan Test Ride

Persiapan Test Ride

Nah ketika saat test ride pulsar 220, saya yang sudah menggunakan Jacket,  helm, sarung tangan, pelindung lutut dan siku saya pun memasuki area utama sirkuit, saya pun sudah naik ke atas jok pulsar 220, dan tak lupa ritual photo-photo dilakukan.. ini namanya sesi wajib dan tak boleh dihilangkan he he he. Perasaan pun bercampur aduk.. gile gue jajal sirkuti sentul coy, kayak pembalap-pembalap MotoGP (sirkuit sentul pernah mengadakan MotoGP sekali-kalinya jaman Mick Doohan). Saya pun mulai menarik gas perlahan memasuki track… ditikungan pertama saya sempat ketika ada tambalan beton yang sebelumnya saya sudah dicerikan oleh Bodats sebagai race line, berbelok dengan kecepatan 40 Km saja, karena masih beradaptasi dengan motor ini memasuki tikungan kedua saya pun mulai menaikkan gigi, sekilas saya liat naik di 50, lalu memasuki trek lurus yang pendek masih dikisaran 80 km/jam, memasuki tikungan ke 4  saya mencoba mengerem secara perlahan untuk mengurangi kecepatan ditambah dengan bantuan engine brake. Sengaja saya tidak mengerem keras karena inget pesan bodats untuk menggunakan bantuan engine brake… sampai di tikungan 6 dan 7 yang merupakan S kecil, saya sempat terkaget-kaget karena begitu pendeknya jarak antara tikungan 6 dan 7… sempat hard brake wedeh remnya pakem banget booo saya merasakan  tekanan yang cukup kuat dan saya rasakan di pergelangan tangan sehingga cukup membuat pegal di kedua tangan saya ketika menahan daya dorong ketika hard brake. Kecepatan pun konstan antara 60 – 80 km/ jam seterusnya  hingga memasuki tikungan terakhir menuju trek lurus saya pun kembali tarik gas agar mendapatkan top speed, ketika saya lirik yah Cuma nyampe 112 km/jam,  halah…. Udah nyampe tikungan aja… terpaksa engine brake langsung turun 2 gigi… raungan motor pun terasa keras sekali, daya dorongan pun terasa kembali, putaran pertama sudah cukup bagi saya untuk beradaptasi dengan sirkuit dan karakter motornya….

ngaciiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrr.......!!!!

ngaciiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrr.......!!!!

Untuk lap yang kedua saya memaksimal kan motor ini, Cuma saya baru sadar ternyata aspal di sirkuit sentul ini tidak sehalus yang saya saya bayangkan… ada beberapa pasir-pasir halus akibat aspal yang sudah terkelupas yang bisa mengganggu saat memasuki tikungan atau pun melakukan hard brake karena bisa dipastikan motor akan slip. Sayang sekali sirkuit ini tidak melakukan perawatan-perawatan yang maksimal.. mungkin tidak seimbang kale pemasukan dan pengeluaran…… he he .. back to topic… setelah memasuki lap kedua mulai berakselerasi di trek lurus dan menikmati tikungan demi tikungan, sehingga di trek lurus bisa mencapai 125 km/jam ketika saya melirik ke Oddo meter di Motor ini. mestinya Cuma diperbolehkan sampe 2 lap saja, namun tanggung, saya pun mengganjilkan menjadi 3 lap sebelum memasuki pit… excited juga menjajal trek di sirkuit sentul ini untuk pertama kalinya.

Salam

AX

3 thoughts on “Jajal Sirkuit Sentul… Pertama kalinya….!!!

Tinggalkan Balasan

