BIR PLETOK BIR YANG KAGA BIKIN MABOK


BIR PLETOK

BIR PLETOK

Jangan menyangka yang negative dulu yah, bir yang satu ini dijamin kagak bakalan mabok, “lho koq bisa begitu.?” Orang pasti bilang “ya iyalah gak bikin mabok, minumnya sedikit.!”. minum sedikit maupun banyak bir yang satu ini tetap gak bakalan mabok, yang ada malah badan tambah sehat dan segar, pasti muncul lagi pertanyaan, “ Lho koq malah bikin sehat dan segar..?” nah justru inilah ciri khas bir ini.

Bir asli buatan masyarakat betawi ini yang menurut sejarahnya.. katenye nih ye..! dulu pada jaman penjajahan kompeni Belanda, ntu Kompeni Belanda sering mengadakan pesta-pesta yang sering menghadirkan bir sebagai salah satu minumannya, nah bir Belanda ini kan mengandung alkohol dan bikin orang mabuk, sedangkan masyarakat Betawi ini kan dikenal sebagai masyarakat yang sangat religius, pintar ngaji, tau agama lah  dan menjauhkan diri dari berbagai makan dan minuman yang diharamkan oleh agama Islam. Nah masyarakat betawi ini dalam rangka menyaingi minuman wong londo ini putar otak gimana caranya bikin minuman yang kagak bakalan bikin mabuk, nah akhirnya nongol lah minuman ini. Tapi kenapa dinamain bir pletok ya..? rupanya jaman dahulu di masyarakat betawi ini, ada cara memasak makanan di dalam bambu, nah pada saat memasak ini rupanya ada bunyi khas yang keluar, nah bunyi itu ya pletok…. Pletok… katenye sih begitu hehe he. Nyambung kagak sih…?

Minuman yang berbahan dasar  kayu manis, cabe jawa, jahe, kayu seucang, buah pala, cengkeh, lengkuas, lada hitam, daun pandan dan gula pasir. Semua bahan ini dimasak dalam satu wadah hingga matang dan mempunyai cirri khas tersendiri, berwarna kecoklatan dan aroma yang begitu kuat, dan mengeluarkan buih, nah dari buih inilah minuman ini disebut bir, karena bir asli kan mengeluarkan buih juga. Karena bahannya yang begitu banyak menggunakan rempah-rempah ini kesannya bagi saya sih seperti  jamu he hehe, karena rasa jahenya begitu kuat sehingga menimbulkan rasa pedas dan bikin hangat dibadan. minuman ini sih lebih baik diminumnya hangat-hangat. Bagi orang yang suka masuk angin bisa jadi obat ampuh untuk menolak masuk angin. Bir pletok ini banyak dijual sebagai oleh-oleh jika anda mengunjungi perkampungan Setu Babakan Jagakarsa.

BAHAN DASAR BIR PLETOK

BIR PLETOK

4 thoughts on “BIR PLETOK BIR YANG KAGA BIKIN MABOK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s