HELM HALF FACE – OPEN FACE – FULL FACE


Jumlah kendaraan bermotor yang beredar di Jakarta setiap harinya bertambah dan terus bertambah, namun tidak diiringi dengan kesadaran menggunakan piranti standar untuk keamanan yah minimal penggunaan helm yang baik dan berkualitas. Nah sebelum kita menggunakan helm yang baik dan berkualitas itu bagaimana, kita harus mengetahui type-type helm terlebih dahulu, kenapa…? Ternyata hasil diskusi dengan teman2 bloger otomotis ada kesalahpahaman mengenai arti dari judul yang saya buat diatas, yang ternyata yang salah tersebut yang banyak beredar di masyarakat kita, termasuk kepolisian sudah salah kaprah (menurut saya loh).

* Type Helm Half Face Type jenis helm ini hanya melindungi bagian atas saja, tidak melindungi bagian kepala belakang sampai dengan dahi.

Helm Half Face

Helm Half Face

* Type Open Face

 

Helm Open Face

Helm Open Face

Type hellm ini melindungi keseluruhan kepala, namun dibagian muka terbuka dan tidak dapat melindungi rahang

* Type  Full Face Type

Type Full face

Type Full face

Type jenis ini melindungi secara maksimal keseluruhan kepala dari kepala bagian belakang sampai dengan bagian depan muka.

 Nah kekeliruan yang terjadi disini adalah bahwa helm open face dianggap sebagai sebagai helm half face, padahal seperti yang saya uraikan diatas, helm half face hanya dapat melindungi kepala bagian atas saja dan tidak melindungi bagian belakang kepala. nah kesalah kaprahan bahasa ini diteruskan oleh pihak kepolisian kita dengan imbauan penggunaan minimum helm adalah jenis helm half face, orang yang mengerti dengan type-type jenis helm tersebut pasti hanya akan tersenyum dan bilang kepada pak Polisi, “Pak saya menggunakan helm cetok gak apa-apa yah..!” karena sudah sesuai dengan imbauan pak Polisi “ ada – ada aja bangsa kita ini, ada yang bilang sih kelirumologi… anything else …! Nah type helm apa yang paling baik digunakan ..? tentunya helm yang dapat melindungi kepala secara keseluruhan alias helm full face, namun tidak semua orang suka menggunakan helm jenis ini, alasannya sih pengap, apalagi pada saat jalanan macet dijamin berkeringat dan bikin kepala ngebul. Nah produsen helm akhirnya mensiasati dengan membuat helm fullface model modular/flip up yang dibagian depannya dapat dibuka, paling gak saat berhenti di depan lampu merah, dapat memperlihatkan kegantengan wajah pengemudinya. Namun helm ini masih diragukan keandalannya untuk meredam benturan terutama yang datangnya dari depan, namun tentunya dengan helm yang berkualitas dan mempunyai sertifikat SNI rasa-rasanya keamanan helm flip up ini dapat diandalkan, serangkaian tes-tes yang dilakukan untuk menguji ketahanan helm tentunya menjadi acuan kita tanpa ragu menggunakan helm jenis tersebut. So marilah dimulai dari sekarang kita menggunakan helm baik open face maupun full face …. Harga kepala kita rasa-rasanya jauh amat lebih mahal dari harga helm… so tetap safety dalam berkendara

One thought on “HELM HALF FACE – OPEN FACE – FULL FACE

  1. Salam kenal bro Alex. Saia Disa, member baru di KHCC (#181). Td pas acara ultah KoBOI di cipete, saia dtg jg bro. Saia yg pk kaos polo warna maroon & pk topi tino sidin coklat. Duduk barengan jg waktu lg makan siang. Maap saia lupa ngenalin diri, abis kyknya elu lg serius bener menikmati makan siangnya..hehehe…

    Bro, dpt hadiah helm INK kan pas acara KoBOI?? Mmmm….mau dijual ga? Saia minat bro. (Kalo emg mau dijual & harganya cocok)..

    Trims,

    Disa D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s