Tumis Kembang Duren


Jaman saya kecil dulu, disekitar rumah saya banyak sekali pohon duren yang tumbuh dan menghasilkan duren, sebelum menjadi duren biasanya akan muncul kembang bakal duren nanti. nah kembang duren ini lah yang akan saya bahas. biasanya kalo pas musim duren berbuah nah pas itulah kita makan kembang duren. perjuangan dimulai di malam hari, dengan menggelar koran atau tikar pandan , disekitar pohon duren, menunggu kembang duren jatuh dari pohonnya. pas shubuh biasanya sudah banyak orang yang memungut hasil jatuhnya kembang duren tersebut.

setelah kembang duren tersebut terkumpul biasanya kita cuci terlebih dahulu sambil membersihkan kembang duren tersebut dari kotoran.  setelah kembang duren tersebut di cuci bersih biasanya kita rendam dahulu sebentar untuk menghilangkan getahnya. setelah getahnya hilang ada dua versi untuk ditumis. yang pertama kembang duren tersebut di rebus terlebih dahulu baru ditumis yang kedua langsung ditumis aja.

bumbunya sangat sederhana sekali, hanya irisan cabe, bawang merah, bawang putih dan tomat. irisan tersebut di tumis dengan minyak goreng, setelah agak menguning langsung masukkan kembang duren tersebut tumis sekitar 15 menit sampe layu lalu tambahkan sedikit garam. selesai gampang dan cepat, soal rasa ada rasa asem, ada sepet, ada juga sedikit manis, biasanya di makan dengan nasi yang masih hangat wah biasanya kalo udah makan wah lupa sama yang lain. cuma ada permasalahan setelah makan beberapa jam kemudian ada rasa sedikit mulas pengen buang hajat nah ini yang sampe sekarang belum ada penyelesaiannya gimana caranya supaya gak mulas, mungkin ada dari rekan JS yang tau mengatasi permasalahannya ???

tambahan lagi lebih enak makannya setelah beberapa jam, bumbunya biar lebih meresap, mungkin ada rekan yang mau berbagi tentang tumis kembang duren ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s