Medoknya Soto Betawi di rumah makan Betawi “Dahlia”


Suasana di RM Betawi Dahlia

Suasana di RM Betawi Dahlia

Bertambah lagi perbendaharaan saya untuk menikmati soto betawi di seputaran Jakarta, kelezatan soto Betawi ini sudah kesohor dan bisa bersanding dengan soto-soto dari daerah lain, rasanya yang khas dan kuahnya yang “mlekoh” begitu mengundang selera. Dari yang mulai bersantan encer sampai dengan yang bersantan tebal tersedia, ragamnya pun cukup banyak. tapi tetep daging dan jeroan yang yang digunakan sebagai bahan baku utama soto betawi ini. bahkan dari sambelnya aja sudah berbeda dari satu dengan yang lainnya. seperti Soto Betawi bang Madun yang menggunakan sambel kacang sebagai pelengkapnya.

Nah berawal dari seringnya melewati rumah makan ini tepatnya yang bernama Rumah Makan Betawi “Dahlia” (Cuma pas masuk ke dalam ada tulisan warung Sate H. Abdul Majid) masa bodo lah yang penting saya bisa menikmati soto betawinya. Ketika soto betawinya datang……. Wedeh……. Cakep bener penampilannya. Kuah yang berwarna kekuning-kuningan, dengan kuah santan yang cukup tebal ditaburi dengan emping goreng dan daun bawang yang melimpah, kemana dagingnya yah…??? Weits…. Ketika sendok mulai mengaduk mangkok sotonya, tersembul lah potongan-potongan daging yang melimpah, tidak pelit, sehingga cukup puas untuk menikmatinya. Seperti biasa ritual yang saya lakukan adalah mencoba kuahnya terlebih dahulu, aromanya tercium begitu wangi, kuahnya begitu kuat dengan bumbu rempah-rempah yang tidak pelit, bahkan saya sempat menikmati sensasi buah pala yang rupanya masih belum tertumbuk dengan halus, gurih yang dihasilkan bukan karena MSG yang berlebih, namun dihasilkan dari penggunaan santan yang pas, tentunya bercampu dengan kuah kaldunya………. Mantap…….!, soal dagingnya begitu empuk, lezat dilidah karena bercampur dengan kuah soto yang mantap.

Soto Betawi

Soto Betawi

Soal harga, soto betawi ini mungkin bisa dikategorikan Expensive, tapi rasanya sebanding dengan rasa dan melimpahnya potongan daging di dalamnya. Saya merasa puas walaupun merogoh kocek yang cukup dalam untuk 1 porsi soto Betawi.

 

Rumah Makan Dahlia

Jl Raya Hankam – TMII Cipayung

Dekat pintu Gerbang Utama TMII yang menuju ke daerah Bambu Apus

1 Porsi Soto Betawi Rp. 30.000

 

Salam

AX

About these ads

6 responses to “Medoknya Soto Betawi di rumah makan Betawi “Dahlia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s